Kamis, 08 Juni 2017

Sang peniru ulung

            Lama ga update blog ini ya, sampai lumutan kayak gini *bersihin blog dan broken link hehehe. Insya Allah mulai bulan Juni bakalan lebih update lagi tentang parenting dan jurnal Umar. Ya karena niatnya blog ini kayak jurnal pertumbuhan Umar dan tentang emaknya.  Supaya kelak saat dewasa Umar bisa tahu gimana polahnya waktu kecil. Kalau Parenting mungkin saya share ilmu – ilmu yang saya dapat dan pengalaman orang lain ya. soalnya saya pu masih newbie banget.
            Alhamdulillah usia Umar udah 20 bulan lebih 16 hari. Insya Allah postingan Kamis depan akan membahas tumbuh kembang Umar dengan KSPS. Daan saya nyesel baru tau tentang ini hiks L. Saya sharing nanti siapa tahu ada yang butuh dan pengin tahu perkembangan balitanya. Untuk postingan kali ini pengin cerita lain tentang Umar.

            Semenjak Umar mulai aktif  berjalan dan mengoceh, saya mulai berhati - hati dalam mengucap sesuatu dan bertindak. Kalau biasanya kadang saya dengan mudahnya marah marah, sekarang kalau emosi mulai naik biasanya saya langsung minum atau cuci muka dan langsung istighfar.
Sebisa mungkin tangan tidak ikut bergerak. Takut kalau nanti akan menyesal. Toh misalkan Umar berulah karena rasa ingin tahunya yang tinggi dan kadang nyerempet bahaya.Semua hal ini saya lakukan karena ada sang peniru ulung di rumah. Segala yang di ucapkan bunda atau orang rumah akan di ucapkan.
            Kadang kebiasaan – kebiasaan kecil bunda dan orang rumah selalu ditiru. Bunda lagi nyapu, langsung direbut pengin sapu. Ada nendanya lipet baju, langsung minta baju buat dilipet ala Umar. Hal – hal kecil seneng banget buat ditiru. Kalau susah mulai meniru memang jadi harus waspada. Karena sekali emorinya merekam hal buruk akan susah untuk di hapus lagi. Kasusnya saudara sepupu Umar yang entah kenapa jadi kasar banget. Selidik punya selidik pernah liat anak berantem di pengasuhnya. Dan akhirnya dimasukin ke Kelompok Bermain karena ibunya kerja. Tapi tetap saja agak susah menghilangkan sifat kasarnya. Ada salah satu kejadian yang bikin saya nyes banget. Setiap Umar nangis karena sesuatu biasanya saya cium pipinya sambil peluk. Suatu ketika saya pernah nangis saking kesel dan jengkelnya sama rewelnya Umar. Eh tau tau umar bilang “nda aniiss?..tium…tium…tayaaang” antara pengin ketawa dan haru. Apalagi sekarang Umar jarang mau kalau diminta cium.  
            Mungkin inilah yang namanya masa Golden Age. Masa dimana anak mulai merekam dan meniru segala perbuatan dan ucapan orang – orang yang berada di sekitarnya. Jadi saya pun berusaha menyelipkan kegiatan positif atau kebiasaan – kebiasaan positif untuk Umar. Harapannya akan terus terekam sampai dia dewasa. Ada beberapa hal yang saya dan keluarga berusaha ajarkan dan biasakan pada Umar.
            Salah satunya adalah tentang sholat. Salah satu keuntungan rumah dekat dengan masjid adalah sering mendengarkan adzan. Saat Umar berusia satu tahun biasanya saat ada adzan Subuh reflex dia akan bangun dan bilang “Allah..yuk Allah”. Sekarang semakin besar bangunnya semakin siang hehehe. terkadang suka ikut ke masjid untuk sholat. Belum bisa anteng tapi kadang lucu juga praktekin takbiratul ihram dan sujud yang lebih tepatnya tengkurep hehehe. sayang ya ga ada fotonya hehehe.
            Atau tentang kebiasaan masuk rumah mengucap salam, Umar pun selalu melakukan walaupun masih belum terlalu lancar. Taruh sandal Umar pda tempatnya dan masih banyak kegiatan kecil yang penuh kebaikan yang bisa kita ajarkan pada anak. Aplagi Umar lagi gandrung sama Halo Balita. Saat melihat ada Sali makan sendiri, entah kenapa Umar langsung meniru dan hampir ga mau di suapin. Salah kebiasaan baik lainnya adalah menngenalkan Umar pada buku. Buku pertama Umar ya sekitar dia berusia enam bulan atau tujuh bulan. Insya Allah nanti saya ceritakan perjalanan pedekate Umar dengan buku.
            Ga kerasa panjuuang banget ya hehehe. Saya sendiri masih belajar dalam memberikan stimulasi pada masa golden age Umar. Berusaha sebaik mungkin menjadi contoh bagi Umar. Mudah – mudahan cerita ini bisa bermanfaat ya. Oiya kalau teman –teman sendiri ada cerita apa tentang masa golden age anak?sharing yuk..
           
 

2 komentar: