Jumat, 06 Januari 2023

Manfaat Membacakan Buku untuk Bayi

 



Read Aloud


Hai Ayah Bunda..

Adakah yang masih bingung kenapa kok ada kampanye tentang Membacakan buku untuk bayi? Kan Bayi masih kecil melihat aja belum bisa? Kalau diantara ayah dan bunda ada yang masih bingung, mungkin postingan Manfaat Membacakan Buku untuk Bayi ini perlu di baca dan di pahami ya. Karena mungkin bisa membuka cakrawala pengetahuan ayah dan bunda. Kira – kira apa saja Manfaat Membacakan Buku untuk Bayi.

 

Membantu Perkembangan Otak Anak lebih Optimal




Ada yang pernah baca buku Membacakan Nyaring bu Roosie Setiawan? Pasti sudah paham kalau saat bayi lahir sel otak anak berjumlah milyaran. Dan belum terkoneksi satu sama lain. Tentu butuh rangsangan agar sel – sel otak ini bisa berkembang dengan baik. Dan salah satu rangsangannya adalah dengan membacakan buku. Membacakan buku ini bisa merangsang banyak hal. Itulah kenapa ada juga orang tua yang merangsang sel otak bayi dengan music klasik ataupun murottal. Lalu kenapa tidak dengan membacakan buku untuk bayi? Coba yuk ayah bunda…

 Baca Juga : Asyiknya Baca Buku

Memperkenalkan dan Melatih Kemampuan Mendengar




Salah satu manfaat membacakan buku untuk bayi adalah mulai memperkenalkan dan melatih kemampuan mendengar. Karena bahkan saat dalam kandungan pun janin sudah mulai mendengar suara dari usia 18 Minggu. Dan saat usia 24 Minggu janin sudah mulai bisa menanggapi suara yang di dengar dengan cara menendang atau bergerak. Tentu setelah lahir bayi akan lebih jelas lagi dalam mendengarkan.

 

Memperkenalkan kosakata sehari – hari




Bayi yang dibacakan buku secara konsisten dan berulang akan menyerap kata- kata yang di dengar di otaknya. Bahkan ada juga yang mengatakan bahwa bayi bisa menyerap 1,4 juta kata yang di dengar. Itulah sebabnya sebenarnya buku untuk bayi atau anak dibuat sederhana mungkin. Biasanya juga dengan kosakatan yang mudah dipahami. Dan saat kolam kata bayi sudah penuh akan tumpah dan anak mulai bubbling atau menyebut kosa kata yang sering didengar. Biasanya ayah,ibu, mama, papa dll.

 

Membuat Bounding dengan Orang Tua.




Salah satu manfaat yang paling terlihat antara membentuk bounding antara bayi dan orang tua. Membacakan buku kepada Bayi bisa dilakukan saat menyusui atau bahkan saat akan mulai tidur. Tentu akan lebih bermanfaat dibandingkan menyusui sambil bermain gadget ya bun. Begitu juga ayah kalau diminta menjaga bayi akan lebih baik menjaga sambil membacakan buku.

 

Mengenalkan Konsep Buku.





Untuk manfaat ini mungkin bisa dilakukan bila bayi sudah mulai bisa meraba atau pun mulai melihat dengan jelas. Konsep buku disini tidak harus kaku buku seperti biasanya. Tapi sekarang banyak sekali buku yang memang dibuat khusus untuk bayi. Bisa dengan buku bantal, board book atau bisa juga dengan buku Halo Balita. Karena Halo balita bentuknya board book yang bisa dijadikan sebagai buku pertama anak.

 

Gimana ayah bunda? Sudah mulai terbuka dengan manfaat membavakan buku untuk Bayi? Semoga dengan membaca postingan ini semakin banyak ayah dan bunda yang mulai tergerak untuk membacakan buku kepada bayinya. Karena sesungguhnya buku bukan hanya sekedar pelengkap sekolah. Tetapi buku juga bisa menjadi bagi anak kita. Tidak ada kata terlalu kecil untuk mengenalkan anak kita kepada buku.

Nah, adakah ayah ibu yang sudah mulai mengenalkan buku kepada anaknya? Sharing yuk buku seperti apa yang dikenalkan kepada anaknya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar