Minggu, 05 Juni 2016

Tips Puasa bagi Ibu Hamil

Marhaban ya Ramadhan
Tidak terasa ya mom's Ramadhan sudah diujung mata kita. Bulan yang sangat ditunggu - tunggu bagi umat Islam. Bulan dimana seluruh umat islam berlomba - lomba melaksanakan ibadah wajib dan sunnah. Tidak lupa juga untuk berpuasa.
Lalu bagaimana dengan ibu hamil?
Mom's ada yang mengatakan bahwa saat seorang ibu hamil berpuasa Ramadhan itu mengajarkan anak dalam kandungan juga berpuasa. Tapi tentu saja tiap tubuh seorang ibu berbeda beda kondisinya ya. Berpuasa bagi ibu hamil pun harus bisa mengatur pola makan agar janin tetap sehat.
Nah,kali ini saya mau berbagi pengalaman tentang tips Puasa bagi ibu hamil saat Ramadhan tahun lalu.
.

1. Konsultasikan dengan dokter.
Ini penting ya mom's jangan karena merasa sehat terus berpuasa. Kita harus juga melihat kondisi janin juga. Jadi inget ada seorang teman yang terpaksa tidak berpuasa karena Hb nya rendah. Jika berpuasa maka akan membahayakan ibu dan anaknya. Jadi dia selama tidak puasa berusaha menaikan Hbnya. Jadi penting ya mom's untuk konsultasi dengan dokter.
2. Minum metode 2-4-2 bahkan lebih.
Ilmu minum 2-4-2 sebenarnya saya dapatkan saat ada lomba salah satu air minum dalam kemasan. Metode 2-4-2 yaitu 2 gelas saat buka puasa, 4 gelas saat malam dan 2 gelas saat sahur. Untuk ibu hamil tentu kebutuhannya lebih dari itu. Bagi yang belum terbiasa minum 6 gelas per hari pasti berat ya mom's tapi bisa disiati.
Buka puasa : satu saat buka puasa dan satu gelas setelah makan total 2.
malam : satu gelas sebelum taraweh, satu gelas setelah taraweh,satu gelas setelah tadarusan dan satu gelas sebelum tidur. Total 4 gelas. Pengalaman saya pasti tengah malam terbangun buang air kecil maka kesempatan minum satu gelas untuk tambahan.
Sahur : satu gelas setelah bangun tidur, satu gelas setelah makan dan tambahan satu gelas sebelum imsak.
Pengalaman saya saat sata minum kurang dari enam gelas saya dehidrasi dan akhirnya batal karena menurut mama saya sudah terlalu pucat dan lemes.
Mudah-mudahan paham dengan penjelasan saya ya mom's
3. Kurangi gula dan garam
Oke mom's saat bulan Ramadhan rata-rata banyak sekali makanan yang manis dan juga gurih. Tapi ada baiknya bila usia kandungan sudah trimester 3 dan berat janin sudah tiga kilo untuk mengurangi asupan gula dan garam. Ganti saja cemilannya dengan buah atau kurma. Manis kurma tentu berbeda dengan gula ya Mom's dan buah kurma pun bagus bagi kesehatan janin.
4. Istirahat Cukup.
Pastikan istirhat cukup ya mom's. Jangan terlalu di forsir saat bekerja siang hari. Kalau bisa tidur siang satu jam untuk beristirahat apalagi bila sudah memasuki trimester dua atau tiga biasanya mulai banyak keluhan.
5. Ajak bicara baby 
Saat akan istirahat cobalah untuk berkomuniikasi dan menjelaskan bahwa sekarang bulan Ramadhan dan anda harus berpuasa. Kalau perlu jelaskan saja semua tentang pentingnya puasa dan beribadah di bulan Ramadhan. Karena Baby anda pasti akan merespon dan mendengar suara ibunya. sang anak pun mulai belajar dalam kandungan apa itu Ramadhan. so, beautiful ya mom's.
6. Makanlah Makanan yang Bergizi
 Kalau hal ini sudah pasti ya mom's karena untuk Janin dan juga persiapan Mommy saat melahirkan nanti harus sehat. Perhatikan juga bahan baku masakan juga ya Mom's jangan sampai ada bahan pengawet juga.
oke mom's itu tadi sedikit pengalaman saya dalam menjalan ibadah puasa Ramadhan tahun lalu saat hamil tujuh bulan. Walau mungkin agak berat tapi bismillah niatkan ibadah dan mengajarkan anak dalam kandungan untuk mengerti apa itu Ramadhan. Mudah-mudahan postingan ini bermanfaat ya.
Marhaban ya Ramadhan
so, buat mommy yang lain yuk share pengalaman berpuasa saat hamil!

4 komentar:

  1. Alhmdll dulu pas hamil sukses puasanya mbk.Met mnjlankan puasa y mbk☺

    BalasHapus
  2. aku bolong dua hari heuheu...

    BalasHapus
  3. Kalo menurut saya kaya nya ga perlu puasa deh. Kan menurut Qur'an bisa di ganti sama bayar Fidyah. Dan bayar Fidyah menurut sy lebih bijak, selain bermanfaat buat diri, juga punya nilai plus buat orang lain :-) CMIIW

    portal lifestyle terkini | cara Elite Global menyusupkan ajarannya

    BalasHapus
  4. Kasian ibunya dan kasian janinnya juga sebenernya. Kalo istri ane hamil pas ramadhan ane lebih baik setor fidyah. Buat amannya istri dan anak ane CMMI :-)
    Investasi Pemula

    BalasHapus